Translate

Minggu, 13 Januari 2013

tentang sejara kota muntok



    Muntok atau Mentok adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia dan merupakan ibu kota Kabupaten Bangka barat,Muntok adalah kota tua yang didirikan oleh Abang Pahang, mertua Sultan Palembang Darusssalam Mahmud Badaruddin I (1720-1755) pada tahun 1722 dan menjadi ibu kota Karesidenan Bangka Belitung, sebelum dipindahkan oleh Residen J. Englenberg ke Pangkal Pinang pada tahun 1907. Wisata Bangka, tidak hanya menawarkan pantai-pantai yang cantik, kuliner enak tapi juga wisata religi dan wisata sejarah. Wisata sejarah di Kota Mentok, Kabupaten Bangka Barat adalah salah satunya. Muntok adalah kota tua yang berdiri sejak berabad silam. Sejak zaman Belanda, kota Muntuk telah dibangun menjadi sebuah kota pelabuhan.

Melalui Pelabuhan Muntok inilah hasil alam terutama lada dan timah putih Bangka, diangkut kapal-kapal Belanda menuju ke daratan Eropa. Jejak-jejak kejayaan Mentok di masa lalu masih bisa dijumpai hingga kini. Ratusan gedung tua dengan mudah di sekitar kota pantai dan perbukitan di kota ini.
Dua di antara ratusan gedung tua yang masih kokoh berdiri bahkan memiliki nilai sejarah yang amat tinggi bagi negara ini. Dua gedung tua itu adalah Pesanggrahan Menumbing dan Wisma Ranggam, gedung tersebut pernah dijadikan tempat tinggal pendiri negara ini.

Salah satu objek wisata sejarah yang cukup terkenal adalah bangunan-bangunan tua, Bukit Menumbing, dan mercusuar Tanjung Kelian. Mercusuar Tanjung Kelian dibangun pada tahun 1862. Dari puncak bangunan ini, pengunjung bisa menyaksikan seantero kota Mentok dan sekitarnya.
Sementara itu di bukit menumbing pengunjung bisa melihat-lihat kamar tempat Bung Karno dan Bung Hatta serta salah satu mobil yang mereka pakai saat diasingkan Belanda di daerah itu. Pesanggrahan tempat pembuangan Bung Karno dan Bung Hatta itu sejak beberapa tahun lalu telah diubah menjadi hotel dengan nama Jati Menumbing. Dari atas perbukitan ini, Kota Mentok, Pelabuhan Muntok, dan Selat Bangka terlihat dengan sangat jelas.
Objek wisata sejarah yang lain di kota Mentok adalah Wisma Ranggam. Gedung tua itu juga pernah menjadi tempat tinggal Bung Karno saat berada dalam pengasingan di Mentok.
Pariwisata Bangka Belitung memang tidak melulu mengandalkan pantai. Bangka seolah-olah diciptakan Tuhan menjadi tempat tujuan wisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar